Home Doa Doa Untuk Orang Meninggal (Laki-laki dan Perempuan)

Doa Untuk Orang Meninggal (Laki-laki dan Perempuan)

Pada saat kita mendengar kabar duka, dianjurkan untuk membaca doa : “Innalillahi wa innailaihi raajiuun.” dan mengirimkan doa untuk orang meninggal dunia : “Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.”


Artikel ini tentang Bacaan doa untuk orang meninggal dunia baik itu laki-laki atau perempuan arab, latin dan artinya.

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian seperti yang kita ketahui. Allah telah menetapkan takdir kepada masing-masing manusia, umur termasuk salah satunya.

Jadi, Anda pasti pernah mendengar kabar orang meninggal, bisa siapapun mulai dari orang tak dikenal, tetangga, kerabat, teman, hingga keluarga.

Pada saat mendengar berita kematian atau kabar duka dari seseorang, dianjurkan untuk membaca doa untuk orang meninggal dan sholat ghaib (apabila jauh).

Orang yang meninggal akan terputus jiwa dari raganya dan juga terputus segala yang berhubungan dengan dunia kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakannya.

Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Sebagai sesama umat muslim, sudah sepatutnya kita menghormati orang yang sudah meninggal dengan mengirimkannya doa.

Dengan begitu, kita juga mengigat akan kematian dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini, ePondok akan membahas tentang doa untuk orang meninggal dan bacaan saat mendengar kabar orang meninggal.

Doa Saat Mendengar Kabar Orang Meninggal

Dalam surah Al Baqoroh ayat 156, terdapat sebuah doa saat kita mendengar kabar duka atas kematian seseorang, siapapun itu.

Seorang muslim hendaknya mengucap doa untuk orang meninggal:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Innalillahi wa innailaihi raajiuun.”

Artinya:

“Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.”

Selanjutnya diikuti dengan bacaan

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

“Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.”

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Doa ini dapat dibaca kapan saja dan dimana saja, dan doa ini dapat dibacakan untuk dikirim ke almarhhum/almarhumah berulang kali.

Doa untuk orang meninggal, baik itu laki laki atau perempuan

Untuk doa bagi jenazah perempuan, bacaan “hu” diganti dengan “ha”, seperti “Allahummaghfir Laha Warhamha Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘anhu”.

Bacaan Arab :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.”

Artinya : “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”

“Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.”

Bacaan Doa untuk orang meninggal

Mengirimkan Surah Al Fatihah dan Surah Pendek

Pada saat kita medoakan orang yang sudah meninggal dunia, kita dapat mengirimkannya bacaan surah Al Fatihah dan surah pendek

Surah-surah pendek yang dibaca pada saat di makam yaitu: Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Surah Al Fatihah
Surah Al Ikhlas
Surah Al Falaq
Surah An Naas

Di Indonesia, tahlilan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia sudah menjadi hal yang umum.

Oleh karena itu, untuk menghormati, mengenang dan mendoakan orang yang telah meninggal, kita dapat membaca tahlil dan surat yasin untuk dikirimkan untuk almarhum/almarhumah.

Demikian ulasan tentang Doa untuk orang yang meninggal dunia yang ePondok bahas pada kesempatan kali ini. Semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amiinn. Terima kasih.

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here