Home Doa Amalan dan Doa Sebelum Tidur (Lengkap) Arti Bacaan Arab Latin

Amalan dan Doa Sebelum Tidur (Lengkap) Arti Bacaan Arab Latin

Pada saat mau tidur, alangkah baiknya untuk membaca doa sebelum tidur yang berbunyi: “Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut” yang artinya “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. Setelah itu barulah tidur dengan tenang.


Baca Juga :
ePondok

Ulasan tentang bacaan doa sebelum tidur arab, latin, arti × amalan sunnah, bersuci dan dzikir sebelum tidur

Makhluk hidup ciptaan Allah yang ada di muka bumi membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat beraktifitas sehari-hari.

Tentu saja manusia juga membutuhkan waktu istirahat atau tidur, biasanya manusia akan beristirahat pada malam hari dan beraktifitas di siang hari.

Sebelum pergi ke tempat tidur, kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur supaya dalam tidurnya dilindungi oleh Allah SWT.

Doa Sebelum Tidur

Rasulullah SAW telah mengajarkan mengajarkan doa singkat yang mungkin biasa kita dengar dan selalu kita baca sebelum tidur.

Sebelum itu, terbanyak amalan yang alangkah baiknya dilakukan saat mau tidur, seperti bersuci dan berdzikir. Setelah melakukan amalan tersebut, baru tidur kita akan lebih terjaga.

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum tidur.

Doa Sebelum Tidur :

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

bacaan doa sebelum tidur

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk melakukan beberapa amalan sebelum tidur, seperti bersuci.

Amalan Sebelum Tidur

Ada beberapa amalan yang dianjurkan Rasulullah saat mau tidur, berikut adalah amalan tersebut.

  • Berwudhu, bersuci sebelum tidur
  • Istighfar, memohon ampunan kepada Allah
  • Berdzikir, mengucap dzikir
  • Membaca Surat Pendek, melafalkan surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas
  • Membaca Ayat Kursi, melafalkan ayat kursi, dan
  • Berdoa sebelum tidur

Berwudhu

Sebelum tidur, manusia hendaknya dalam keadaan suci seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Karena saat kita tidur dalam keadaan suci, malaikat akan berdoa kepada Allah untuk mengampuni kita sebelum bangun.

Bersuci yang dimaksud adalah berwudhu, saat mau tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.

Rasulullah bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Istighfar

Istighfar adalah perilaku memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

Tidak hanya dianjurkan untuk dilakukan menjelang berdoa sebelum tidur namun istighfar juga dianjurkan untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Rasulullah menganjurkan ketika beristirahat ke tempat tidurnya dianjurkan membaca Istighfar.

Bacaan Istighfar Arab

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

“Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.”

Artinya : “Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya”.

Berikut ini adalah bacaan istighfar dalam gambar.

bacaan istighfar

Saat hendak tidur di malam hari, itulah saat-saat atau momen yang tepat untuk mengintrospeksi diri, memikirkan hal-hal yang telah diperbuat selama sehari-hari.

Lalu kita juga dapat melihat kesalahan atau dosa-dosa yang telah kita lakukan dan memohon ampunan kepada Allah atau beristighfar.

Dzikir

Dzikir juga dianjurkan untuk dilakukan saat mau tidur, beliau pernah memerintahkan Aisyah RA dan Ali RA untuk berdzikir sebelum tidur. Setelah itu, dianjurkan melafalkan doa sebelum tidur.

“Ingatlah! Aku akan mengajari kalian berdua sesuatu yanag lebih baik daripada apa yang kalian minta. Jika kalian menempati tempat tidur kalian, hendaklah membaca takbir 33 kali, membaca tasbih 33 kali, dan membaca tahmid 33 kali. Itu lebih baik daripada sesuatu (pembantu) yang kalian minta.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Adapun bacaan tasbih, tahmid dan takbir itu adalah sebagai berikut:

Bacaan Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

“Subhanallah” (33x)

Artinya:  “Maha suci Allah.” (33x)

Bacaan Tahmid

الْحَمْدُ لِلَّهِ

“Alhamdulillah (33x)”

Artinya: “Segala puji bagi Allah.” (33x)

Bacaan Takbir

اللهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar (33x)

Artinya: “Allah Maha Besar.” (33x)

dzikir sebelum tidur

Membaca Surat Pendek

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk membaca surat pendek sebelum beranjak tidur, biasanya sebelum tidur Rasulullah selalu membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Dan setelah itu kita dapat memanjatkan doa sebelum tidur

Diriwayatkan dari Aisyah Ra. berkata:

كَانَ إِذَا أخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ في يَدَيْهِ ، وَقَرَأَ بالمُعَوِّذَاتِ ، ومَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

“Jika beliau Saw. hendak tidur, maka beliau meniupkan napas ke dua tangannya dan membaca al-mua’awwidzat lalu mengusapkannya ke tubuhnya.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Tidakkah kalian ketahui bahwa Nabi Muhammad meniupkan di kedua tangannya dan membacakan ‘Al-Mu’awwidzaat’. Serta mengusapkan dengan keduanya pada tubuh beliau, dan beliau juga mohon perlindungan dengannya dari apa yaang mungkin yang terjadi nanti.

Surah Mu’awwidzaat adalah dua surah terakhir yang dalam Al Quran yaitu surah,

  • Al Ikhlas,
  • Al Falaq, dan surah
  • An Naas.

Bacaan surah Al Ikhlas

Berikut ini adalah surah Al Ikhlas.

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ . اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ . وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

“Qul huwallāhu aḥad. Allāhuṣ-ṣamad. Lam yalid wa lam yụlad. Wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad.”

Artinya :Katakanlah (Muhammad), ‘Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.‘”

Surah Al Ikhlas

Bacaan surah Al Falaq

Berikut ini adalah surah Al Falaq.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Surah Al Falaq

Bacaan Surah An Naas

Berikut adalah surah An Naas yang dibaca menjelang doa sebelum tidur.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Surah Al Naas

Di samping al-Mu’awwidzat, kita juga dianjurkan agar memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca ayat kursi.

Membaca Ayat Kursi

Sebelum tidur, agar kita dilindungi oleh setan dan iblis yang terkutuk, kita dianjurkan untuk membaca ayat kursi.

Dengan membaca ayat kursi, selama tidur kita akan dijaga oleh Allah dari gangguan-gangguan yang tak terlihat.

Bacaan Ayat Kursi

Berikut bacaan ayat kursi.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

“ Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih.”

” Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya: “ Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

” Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. “

Ayat kursi

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. bahwasanya ia berkata:

“Rasulullah mewakilkan kepadaku untuk menjaga zakat Ramadhan. Maka, datanglah seorang yang kemudian mengacak-acak makanan….”(begitu seterusnya ia menyebutkan hadits).”

“Hingga di akhirnya (hadits), orang itu berkata, “Apabila kamu beristhirahat di tempat tidurmu, maka bacalah ayat kursi.”

“Maka, sesungguhnya seorang (malaikat) penjaga dari Allah akan senantiasa menyertaimu. Dan, setan tidak mampu mendekatimu hingga kamu bangun subuh.”

Jadi, itulah amalan-amalan dan doa sebelum tidur yang bisa dilakukan menjelang tidur, dengan mengamalkannya setiap hari, Insha Allah segala amalan-amalan lainnya yang kita lakukan diterima disisi Allah serta segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat akan diampuni oleh Allah SWT.

Baca Juga :
ePondok

Demikian ulasan tentang doa sebelum tidur arab, latin, arti serta amalan-amalan sebelum tidur. Semoga Allah senantiasa memberikan kenikmatan dan ridha-Nya kepada kita semua, Aamin. Terima kasih.

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here